Defenisi Operasional dan Indikator:




1.      Pemahaman Matematik
-          Definisi    : Pemahaman Matematik adalah penyerapan arti suatu materi atau bahan yang dipelajari.
Pemahaman matematik adalah kemampuan siswa untuk dapat memberikan jawaban disertai alasan dari jawaban pada setiap butir soal yang dikerjakannya. Alasan tersebut dapat berupa : definisikan konsep, penggunakan model dan simbol-simbol untuk mempresentasikan konsep, penerapan suatu perhitungan sederhana, cara mengerjakan atau menyelesaikan suatu butir soal secara algoritmik yang dilakukan secara benar dan menyadari proses yang dilakukan.
-          Indikator  :         
a.    Pengubahan (Translasi)
b.    Pemberian arti (interpretation)
c.    Pembuatan Ekstrapolasi (Extrapolation)
d.   Mampu mengubah soal kata-kata ke dalam simbil dan sbaliknya (Translation)
e.    Mampu Mengartikan (Interprestation)
2.      Pemecahan Masalah
-          Definisi    : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik adalah kemampuan memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan model matematika, dan memeriksa kebenaran hasil.
-          Indikator  :
a.    Mengidentifikasi unsur yang diketahui, ditanyakan, dan kecakupan unsur.
b.    Membuat model matematika
c.    Menerapkan strategi menyelesaikan masalah dalam/ di luar matematika
d.   Menjelaskan/ menginterpretasikan hasil/ memeriksa kebenaran hasil
e.    Menyelesaikan model matematika dan masalah nyata
3.      Penalaran Matematik
-          Definisi    : Penalaran Matematik adalah kemampuan dalam menarik kesimpulan logis
-          Indikator  :
a.    Menarik kesimpulan logis;
b.    Memberi penjelasan terhadap model, gambar, fakta, sifat, hubungan, atau pola yang ada;
c.    Memperkirakan jawaban dan proses solusi;
d.   Menggunakan pola hubungan untuk menganalisis situasi, atau membuat analogi, generalisasi, dan menyusun konjektur;
e.    Mengajukan lawan contoh;
f.     Mengikuti aturan inferensi, memeriksa validitas argument, membuktikan, dan menyusun argument yang valid; dan
g.    Menyusun pembuktian langsung, pembuktian tak langsung


4.      Koneksi matematik
-          Definisi    : Kemampuan Koneksi Matematik adalah keterkaitan  antara topik yang dibahas dengan topik yang lainnya.
-          Indikator  :
a.    Mencari hubungan berbagai representasi konsep dan prosedur
b.    Memahami dan menggunakan hubungan antara topik matematik dan dengan topik bidang studi lain
c.    Mencari koneksi satu prosedur ke prosedur lain dalam representasi yang ekuivalen
d.   Menggunakan matematika dalam bidang studi lain / kehidupan sehari-hari
e.    Memahami representasi ekuivalen konsep yang sama

5.      Komunikasi Matematik
-          Definisi    : Kemampuan Komunikasi Matematik adalah kemampuan menggambarkan ekspresi matematis dalam bentuk bahasa sendiri.
-          Indikator  :
Menurut Sumarmo kemampuan komunikasi matematik siswa dapat dilihat dari kemampuan :
a.        menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam idea Matematika,
b.      menjelaskan idea, situasi, dan relasi matematik, secara lisan maupun tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar,
c.       menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika,
d.      mendengarkan, berdiskusi, dan menulis tentang matematika,
e.       membaca dengan pemahaman suatu presentasi matematika tertulis,
f.       membuat konjengtur, menyusun argumen, merumuskan definisi dan generalisasi,
g.      menjelaskan dan membuat pernyataan matematik yang telah dipelajari.

Indikator yang akan diukur dalam kemampuan komunikasi matematis adalah :

1.    Kemampuan menjelaskan suatu  persoalan secara tertulis dalam bentuk gambar (Menggambar)
2.    Kemampuan menyatakan suatu persoalan  secara tertulis dalam bentuk model matematika (Ekspresi Matematika) 
3.    Kemampuan menjelaskan ide atau situasi dari suatu gambar yang diberikan dengan kata-kata sendiri dalam bentuk tulisan (Menulis)


6.      Representasi matematik
-          Definisi    : Kemampuan Representasi Matematik  adalah kemampuan siswa untuk mengemukakan ide matematika  dalam  suatu konfigurasi yang dapat menyajikan sesuatu hal dalam suatu cara tertentu. 
-          Indikator  :
Kemampuan representasi matematik meliputi:
a.       Kemampuan Representasi visual (membuat gambar pola-pola/bangun geometri untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaiannya);
b.      Kemampuan Representasi ekspresi matematik ( membuat persamaan atau model matematika, penyelesaian masalah yang melibatkan ekspresi matematika);
c.       Kemampuan Representasi dengan kata-kata atau teks tertulis (menyatakan ide matematika, menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika, menuliskan interpretasi dari suatu representasi).

7.      Berpikir Kritis
1.    Definisi    : Kemampuan berpikir kritis dalam matematika adalah kemampuan  memberikan jawaban yang benar dengan alasan yang tepat dalam mengenal asumsi, melakukan inferensi, mendeduksi, membuat interpretasi, dan mengevaluasi argumen terhadap soal atau pernyataan matematika yang diberikan.
Indikator  :
a.    Mengidentifikasi asumsi yang digunakan
b.    Merumuskan pokok-pokok permasalahan
c.    Menentukan akibat dari suatu ketentuan yang diambil
d.   Mendeteksi adanya bias dari sudut pandang yang berbeda
e.    Mengungkap konsep/teorema/definisi yang digunakan dalam menyelesaikan suatu masalah
f.     Mengevaluasi argument yang relevan dalam penyelesaian masalah
8.      Berpikir Kreatif
-          Definisi    : Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Matematika adalah keterampilan hidup seperti memuat aspek kognitif, afektif, dan metakognisi.
-          Indikator  :
Menurut Guilford indilator dari berpikir kreatif ada lima, yaitu:
a.       Kepekaan (Problem Sensitivity) adalah kemampuan mendeteksi (mengenali dan memahami) serta menanggapi suatu pernyataan, situasi atau masalah.
b.      Kelancaran (Fluency) adalah kemampuan untuk menghasilkan banyak gagasan
c.       Keaslian (originality) adalah kemampuan untuk mencetuskan gagasan dengan cara-cara yang asli, tidak klise, dan jarang diberikan kebanyakan orang.
d.      Keluwesan (flexibility) adalah kemampuan untuk mengemukakan bermacam-masam pemecahan atau pendekatan terhadap masalah
e.       Elaborasi (Elaboration) adalah kemampuan menambah suatu situasi atau masalah sehingga menjadi lengkap, dan merincinya secara detil, yang di dalamnya dapat berupa table, grafik, model, dan kata-kata.


0 comments:

Poskan Komentar

terima kasih telah mengunjungi blog saya
mohon sarannya